Minggu, 09 Agustus 2009

Serunya Festival Layang-layang di Monas

FESTIVAL Layang-layang 2009 yang digelar Suku Dinas Pariwisata Jakpus berlangsung menarik dan meriah. Sejak pagi ratusan orang, baik tua, muda, serta anak-anak terlihat antusias saat memainkan layangannya di Lapangan Silang Monas Selatan, Minggu (9/8).

Kegiatan diawali penaikan tiga layang-layang berbeda, yakni berbentuk replika Monas oleh Asisten Pariwisata DKI Jakarta Aurora Tambunan, lalu replika ondel-ondel oleh Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Arie Budhiman, serta 'Go Green Jakarta' oleh Walikota Jakpus, Sylviana Murni.

"Kegiatan ini sebagai pendukung acara Jakarta Kites Festival Internasional yang berlangsung di Ancol," ujar Sylviana Murni.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah itu menambahkan, melalui kegiatan festival layang-layang, pihaknya mencoba menawarkan suatu rekreasi baru bagi keluarga Jakarta, khususnya di Jakarta Pusat.

Sementara itu, ketua pelaksana yang juga Kasudin Pariwisata Jakpus Dewi Susanti menjelaskan, peserta festival layang-layang ini diikuti 44 Kelurahan di lima Kecamatan di Jakpus, para SKPD Pemkot Jakpus, industri pariwisata, serta perwakilan dari beberapa negara sahabat.

Selain menikmati layang-layang, panitia juga mengadakan lomba melukis di atas layang-layang bagi anak-anak. "Setelah selesai melukis, mereka dapat langsung menerbangkan layangannya," kata Dewi.

Dalam festival itu, salah satu peserta memamerkan layang-layang yang panjangnya mencapai 300 meter, terdiri dari 300 layang-layang dalam satu tali. "Kita butuh waktu tiga bulan dan biaya sekitar Rp 400 ribu," ujar sang pemilik, Syarif Maulana (56) warga Cipinangmuara, Kalimalang, Jakarta Timur.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar